Tonight Show dan Malam-Malam Adalah Alasan NET TV Masih Layak Tonton

sumber gambar dari kompas.com

Kabar mengenai salah satu stasiun TV yang menggugat sistem penyiaran ini membawa kembali pembicaraan mengenai masa depan dunia pertelevisian. Boleh dibilang, bahwa saat ini TV sudah tidak menjadi pilihan utama. Ini bisa dilihat dari menurunya kualitas tayangan dan banyaknya acara TV yang memuat sumber dari platform youtube. Salah satu TV yang akhirnya menyerah adalah NET TV, yang selama ini digadang-gadang sebagai standar baru kualitas program TV. Tidak mampu bertahan dengan tayangan “berkualitasnya”, NET TV terpaksa ikut arus seperti TV-TV lainnya.
Mungkin banyak sekali orang yang menaruh harapannya di NET TV dengan siaran-siarannya tiga atau empat tahun ke belakang. Namun, saat ini harapan itu mungkin sudah seharusnya dihilangkan saja. Acara-acara yang tersaji di NET TV hanya sebatas ambil sumber dari youtube (bahkan tiktok), dipoles-poles, lalu tayang. Sangat disayangkan memang, tetapi mungkin tidak ada jalan lain selain melaukan hal itu. Ya mau tidak mau, mereka harus menjaga apinya agar tidak padam.
Tapi saat ini, setidaknya kita, atau masyarakat tidak perlu lagi khawatir soal kelangsungan NET TV. Saya pribadi masih yakin, bahwa NET TV masih akan tetap mengudara ke depannya. Meskipun NET TV “kehilangan” beberapa program yang menarik, tapi program-program yang tayang atau menjadi andalan saat ini bisa dibilang menjadi ujung tombak dalam pertempuran pertelevisian di Indonesia. Saya bisa katakan bahwa ujung tombak NET TV sekarang adalah dua program ini, yaitu Tonight Show dan Malam-Malam. Saya tidak tahu pasti bagaimana rating dan share-nya, tetapi apa yang dialami kedua program ini bisa dibilang menjadi titik cerah bagi NET TV.
Tonight Show jelas tidak bisa dilawan. Sebuah acara late night (meskipun tidak terlalu late juga) yang dipandu oleh duo host kocak Vincent dan Desta, serta dibantu oleh Hesti Purwadinata dan Enzy Storia ini berhasil menjadi salah satu acara yang ditunggu tiap malamnya. Perpaduan dua host legendaris yang sudah bersama-sama sejak belasan tahun lalu dan dua co-host kocak ini berhasil menjadikan Tonight Show sebuah acara andalan NET TV, meskipun sebelumnya kerap berpindah jam tayang.
Gimmick bubar mereka dan hiatus satu bulan selama buan Ramadan ternyata tidak membuat mereka kehilangan audiens. Dengan permintaan yang tinggi, mereka kembai lagi setelah hiatus dan malah menambah pasukan, yaitu Marshel Widianto yang seorang komika. Empat host yang kocak dan ceplas-ceplos, serta tambahan Marshel yang juga kocak, menjadikan Tonight Show ini paket lengkap sebuah acara. Ya meskipun terlalu banyak games dan bincang-bincangnya juga kurang. 
Selain Tonight Show, acara Malam-Malam juga menjadi tandem Tonight Show sebagai andalan NET TV saat ini. Acara yang baru berumur satu tahun ini sukses merangsek naik sebagai acara yang paling ditunggu-tunggu. Dipandu oleh host Surya Insomnia, Dita Fakhrana, serta Tora Sudiro (dulu Zarry Hendrik), acara ini sukses menjadi acara andalan. Terbukti dari bertambahnya hari tayang yang awalnya hanya tayang dari Senin sampai Rabu, kini menjadi Senin sampai Jumat. Bahkan, acara ini sempat diberi jatah dua jam selama bulan Ramadan. Ya sekalian menutupi kosongnya jam karena Tonight Show hiatus.
Konsep yang sederhana, serta kombinasi host yang kocak juga jadi senjata Malam-Malam. Surya Insomnia yang marah-marahnya lucu, ditambah lagi polosnya Dita Fakhrana, serta guyonan khas Tora Sudiro seakan menjadi kombinasi lengkap acara Malam-Malam. Sebenarnya, acara Malam-Malam ini mirip dengan siaran radio, lengkap dengan salam-salam dari penonton, dan ngobrol-ngobrol saja, hanya ini bentuknya jadi audio-visual. Jadi cocok lah Malam-Malam kalau mau nonton televisi dengan santai, ketawa-ketawa gitu.
Mungkin tulisan saya di atas terbaca atau terdengar seperti buzzer kedua acara tersebut. Tapi saya cukup yakin kalau banyak yang sependapat dengan saya mengenai kedua acara tersebut. Saya bahkan yakin kalau kedua acara ini mampu bertahan cukup lama di NET TV. Tapi ya balik lagi, tidak ada yang abadi di televisi. Toh kalau pun sampai Tonight Show dan Malam-Malam harus bungkus, atau NET TV harus bangkrut dan tidak mengudara, saya yakin dan bisa pastikan kalau kedua acara ini adalah acara terakhir di NET TV yang akan bubar. Lebih baik jadi TV yang kalah dan bubar, daripada jadi seperti TV yang sok asik ngomongin moral dan mau menangnya sendiri. 

BACA JUGA YUK :  Merefleksikan Penjajah(an) dan Kemerdekaan Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *