Dark Season 3 Episode 2 – Penyimpangan Siklus

sumber gambar dari netflix

Episode pertama musim 3 serial ini menyisakan banyak pertanyaan. Di antaranya adalah apakah Martha yang datang menyelamatkan Jonas ke realitas lain adalah bagian dari perulangan atau merupakan penyimpangan. Pertanyaan lainnya juga seperti Jonas di tahun 1888 berasal dari waktu yang mana. Siapa pula tiga orang dengan bekas luka di bibir itu. Juga, di mana Noah.

Episode dua menjawab berbagai pertanyaan tersebut. Cukup mengejutkan memang beberapa pertanyaan dijawab sekaligus dalam satu episode sehingga episode ini lebih cocok disebut sebagai catatan kaki dari episode sebelumnya.

Semua pertanyaan terjawab. Benar bahwa Martha yang datang menyelamatkan Jonas adalah bagian dari penyimpangan perulangan. Terbukti dari keterkejutan Jonas dewasa saat mendengar bahwa Jonas muda pernah menjelajah antar realitas. Ingatan itu tidak dimiliki Jonas dewasa yang ditemui Martha pada tahun 1888.

Mari membahas sejenak bagian ini. Konsep besarnya adalah ada dua realitas—barangkali ada lebih banyak realitas lain yang tidak diceritakan—yang mengalami perulangan waktu. Satu realitas dengan Jonas eksis di sana dan realitas lain di mana Jonas tidak pernah ada. Kedua realitas itu berjalan berdampingan tanpa bersinggungan satu sama lain.

Konsepnya mirip seperti planet di tata surya yang mengalami siklus mengorbit matahari. Masing-masing planet tidak mempengaruhi satu sama lain dan tidak pernah bertemu, sampai di suatu siklus yang langka, ada beberapa planet yang mengalami konjungsi. Itu adalah keadaan di mana dua planet berada pada satu garis lurus. Kejadian itu sangat langka tetapi mungkin untuk terjadi. Pun konjungsi keseluruhan planet di tata surya sangat mungkin terjadi, hanya saja peristiwa tersebut lebih langka lagi. Probabilitas. Itulah yang kemudian terjadi di musim ketiga serial Dark ini.

BACA JUGA YUK :  We Bare Bears Episode 7 – Grizz dan Trauma Masa Lalunya

Probabilitas menghasilkan kondisi di mana Martha menjelajah ke realitas di mana Jonas ada dan membawa Jonas ke realitasnya. Jonas yang terjebak di realitas lain kelak akan memberitahu Martha banyak hal tentang kejadian-kejadian di realitasnya. Hal itulah yang membuat Martha kelak menjelajah waktu serta realitas—bagaimana caranya? Untuk menjawab ini akan membedah perulangan-perulangan waktu sekaligus probabilitas-probabilitas lain. Intinya Martha yang menjelajah realitas adalah kejadian yang sangat langka dan kebetulan terjadi pada musim ketiga serial Dark.

Lantas untuk pertanyaan kedua tentang Jonas yang ada di tahun 1888 berasal dari lini masa yang mana, hal itu terjawab saat tokoh-tokoh lain seperti Magnus, Franziska, dan Bartosz di tahun itu juga. Mereka semua menjelajah tepat saat lubang cacing meluluhlantakkan Winden. Jonas dewasa tidak pernah meniatkan pergi ke tahun 1888 tetapi entah bagaimana mereka sampai di sana. Bahan bakar mesin waktu mereka habis dan mereka tidak bisa menjelajah.

Jonas dewasa yang memiliki ingatan tentang masa mudanya saat bertemu dengan Adam yang notabennya adalah dirinya di masa tua, mencoba merekonstruksi ingatannya tentang mesin waktu yang sempat dia gunakan untuk pergi ke waktu di mana ayahnya gantung diri. Saat itu Adam menunjukkan mesin waktu di salah satu ruangan markas Sic Mundus. Jonas dewasa yang ingin menjelajah waktu dan mencoba menghentikan kekacauan, lantas mencoba membuat mesin waktu tersebut. Untungnya mereka bertemu dengan pria tua buta yang cukup kaya dan gila sehingga Jonas dan para penyintas lainnya memiliki tempat tinggal sekaligus properti untuk membuat mesin waktu.

Di sini yang kemudian menarik. Pria tua buta tersebut barangkali adalah cikal bakal dari organisasi Sic Mundus. Dia memiliki visi yang jelas untuk apa mesin waktu dibuat, yaitu agar bisa membatalkan hal-hal buruk Pun rumah mewah yang dia miliki juga ternyata adalah rumah yang pernah kita lihat di musim sebelumnya dan menjadi markas Sic Mundus. Maka dari itu bisa dikatakan bahwa ini adalah momen di mana Jonas akan perlahan-lahan menjadi Adam. Dia akan membuat mesin waktunya, bekerja bersama si pria tua, merekrut anggota-anggota lain untuk bergabung dengan Sic Mundus, lantas membentuk organisasi lintas waktu yang bisa mengendalikan apa saja.

BACA JUGA YUK :  We Bare Bears Episode 8—Saat Panda dan Ice Bear Berubah Buas

Semuanya pasti akan berlangsung seperti itu andai saja siklus itu adalah siklus biasa tanpa terjadinya probabilitas yang membuat Martha menjelajah antar realitas.

Di sisi lain kita diperlihatkan Claudia dewasa yang menjelajah ke tahun 2020 bersama anak perempuan yang dia temui di tahun 2019 dan mengidap kanker. Claudia mencoba menghubungi pihak tertentu dengan saluran radio, mengatakan bahwa kekacauan yang kemuingkian bisa menghentikan rotasi planet bisa dihentikan apabila mereka menciptakan mesin waktu. Dari sini bisa kita ketahui bahwa efek dari insiden di Winden berpengaruh ke seluruh dunia dan membuat kacau segala-galanya.

Menyoroti karakter lain, Kathrina masih mencoba mencari Mikkel di masa lalu. Bertemu dengan Ulrich remaja bahkan dirinya sendiri. Setelah gagal mencaritahu di mana Mikkel pada masa itu, dia mengetahui keberadaan orang tua gila yang mencoba menculik anak-anak. Kathrina datang menemui orang gila tersebut yang tentunya adalah Ulrich yang sudah terjebak puluhan tahun di masa lalu.

Sementara itu akhirnya kita Noah muda diperlihatkan meski hanya sekilas dan untuk adegan yang kurang terlalu signifikan. Pun dengan keadaan dunia setelah kehancuran juga diperlihatkan meski kurang jelas juga sebenarnya peran mereka di sini untuk apa, selain untuk menggantung Jonas di musim sebelumnya.

Di sisi lain Jonas muda berbincang panjang lebar dengan Martha tua. Martha tua menyebutkan bahwa tidak ada gunanya mencoba membuat Mikkel kembali dari masa lalu. Realitas tanpa adanya Jonas tidak lantas membuat kekacauan tidak terjadi. Nyatanya menurut apa yang Martha tua ceritakan, realitas tanpa adanya Jonas justru akan berakhir lebih parah lagi. Dari semua yang ada di Winden, hanya Martha seorang yang berhasil selamat. Pun waktu terjadinya bencana jauh lebih dekat daripada yang terjadi di realitas asli Jonas.

BACA JUGA YUK :  Empat Serial Netflix yang Wajib Ditunggu Musim Berikutnya!

Karena itulah Martha muda mencoba mati-matian agar kekacauan tersebut bisa dibatalkan. Itulah kenapa dia menjelajah dan mencoba mencari Jonas dewasa. Entah untuk mencegahnya berubah menjadi Adam atau dia memang memiliki rencana sendiri. Yang jelas dia ingin mengubah fakta bahwa semua orang di realitasnya terbunuh selain dirinya dan mengubah fakta bahwa Martha di realitas Jonas terbunuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *