Dark Season 3 Episode 1 : Lintas Waktu dan Lintas Realitas

sumber gambar dari netflix

Di akhir musim kedua, kita melihat Martha dibunuh oleh Jonas tua yang sudah menamakan dirinya sendiri Adam. Jonas muda yang melihat kejadian itu dikejutkan dengan munculnya Martha lain dengan penampilan yang sedikit berbeda. Berambut hitam dan berponi. Martha itu membawa Jonas pergi dengan mesin waktunya—atau lebih tepatnya mesin waktu sekaligus mesin lintas realitas.

Pada episode pertama musim ketiga, Martha versi lain tersebut membawa Jonas ke dalam gua di dalam hutan Winden. Martha mengatakan bahwa dia bukanlah Martha dari dunianya. Martha versi ini mengatakan bahwa dia akan mengurusi permasalahan pelik yang menghubungkan lintas waktu dan lintas realitas. Martha kemudian pergi meninggalkan Jonas.

Lupakan Winden yang selama ini kita kenal. Kita dibawa ke realitas lain dari Winden yang merupakan realitas apabila Mikkel tidak pergi ke masa lalu dan menjadi ayah Jonas. Realitas baru ini bahkan tidak memiliki Jonas di dalamnya. Sebagai gantinya, Martha adalah tokoh sentral di realitas ini. Dia dan keluarganya—termasuk Magnus, Mikkel, dan Ibu mereka—tinggal di rumah yang kita kenal sebagai rumah Jonas. Ayah mereka—Ulrich—memutuskan bercerai dan menikahi Ibu Jonas—atau di realitas ini bukan ibu siapa pun.

Semuanya terjadi persis seperti pada episode pertama musim pertama, hanya saja dengan perbedaan-perbedaan yang disesuaikan karena Jonas tidak ada dalam realitas ini. Erik masih menghilang dan menghebohkan sepenjuru Winden. Drama sekolah untuk menyambut orang tua siswa juga masih dalam proses persiapan.

Kita akan mengikuti Martha yang mengambil alih peran Jonas—bahkan jaket kuning yang dipakai Jonas di dua musim sebelumnya dimiliki Martha di sini. Ada satu yang kemudian menarik, di mana Mikkel disinggung memiliki mimpi aneh yang membuatnya bingung mana kenyataan dan mana yang bukan. Seolah karena dia tidak menghilang di realitas ini, dia mendapat bayangan-bayangan tentang kejadian yang terjadi apabila dia menghilang.

BACA JUGA YUK :  Karakter Serial Money Heist Menurut MBTI: Siapa Paling ‘Mencuri’?

Di sisi lain ada seseorang yang membakar ruangan yang biasanya digunakan Adam untuk berkumpul dengan anggota Sic Mundus. Seseorang itu dibantu seorang anak kecil dan seorang pria tua. Ketiga dari mereka memiliki kesamaan yaitu bekas luka di bibir, sehingga jelas bisa disimpulkan bahwa mereka adalah satu orang yang sama, hanya saja berasal dari garis waktu yang berbeda.

Jonas pergi keluar dari gua dan mendapati beberapa hal yang janggal. Dia akhirnya menyadari bahwa dia berada di realitas yang bukan realitas tempat asalnya. Dia mencoba menemui Martha, tetapi Martha dalam lini masa itu belum mengenalnya sama sekali dan kerap merasa terganggu dengan kehadiran Jonas.

Dan sama seperti yang terjadi di episode pertama musim pertama, Martha, Magnus, Franziska—yang di sini bisu sementara di realitas Jonas yang bisu adalah adiknya—, juga Bartoz. Jonas tiba-tiba datang dan bingung karena harusnya Mikkel ada bersama mereka. Jonas yang tampak seperti orang aneh diusir mereka, sementara mereka kembali menuju gua di dalam hutan untuk mencari narkoba milik Erik yang disembunyikan di sofa.

Hal yang sama terjadi. Suara misterius muncul dari dalam gua dan membuat rombongan Martha kocar-kacir ketakutan. Hanya saja sepertinya tidak ada yang menghilang dalam kasus ini. Sebagai gantinya, mereka semua bersembunyi di dalam bunker dan secara tiba-tiba sayatan ruang waktu muncul di depan mereka. Seorang anak kecil yang telah terbunuh muncul di baliknya. Setelah mencoba mencaritahu identitas anak itu, Martha mengetahui bahwa anak itu adalah Mads Nielsen—adik ayah Martha yang 30 tahun lalu menghilang.

Di sisi lain, tiga orang berbeda usia yang memiliki luka di bibir mendatangi lelaki tua yang konon memegang kunci ke pembangkit listrik tenaga nuklir. Mereka membunuh lelaki itu entah untuk tujuan apa. Pun siapa sebenarnya mereka bertiga masih menjadi misteri di episode pertama ini. Siapa pun mereka, sepertinya mereka memiliki jalan yang bertentangan dengan Adam dan Sic Mundus.

BACA JUGA YUK :  We Bare Bears Episode 7 – Grizz dan Trauma Masa Lalunya

Sementara itu Jonas tiba-tiba ditemui oleh perempuan tua yang ternyata adalah Martha versi tua. Dia mengatakan bahwa benar bahwa Jonas berada di dalam realitas lain, di mana Mikkel tidak pernah kembali ke masa lalu dan Jonas tidak pernah dilahirkan. Namun mesikpun begitu, realitas itu akan tetap hancur sama seperti yang sudah terjadi di realitas Jonas. Martha tua juga mengatakan bahwa Martha yang menyelamatkan Jonas saat ini sedang berusaha memperbaiki segalanya. Mencoba mencari awal yang sebenar-benarnya untuk menghentikan perulangan mematikan itu.

Di sisi lain, Martha yang menyelamatkan Jonas pergi ke tahun 1888, ke sebuah lab milik seseorang. Seorang ilmuwan nampaknya, karena seseorang yang didatangi Martha tampak bereksperimen dengan arus listrik nirkabel sama seperti yang dilakukan Nikola Tesla dahulu.

Martha memanggil seseorang itu yang ternyata adalah Jonas. Iya, Jonas versi dewasa dari realitas yang sama seperti di musim pertama dan kedua. Jonas dewasa yang entah bagaimana pergi ke masa lalu untuk merencanakan sesuatu. Martha menegaskan bahwa dia bukanlah Martha yang Jonas kenal. Martha yang Jonas kenal benar-benar sudah mati dibunuh oleh Jonas dewasa di saat ledakan lubang cacing menimpa Winden. Martha mengatakan kepada Jonas bahwa dia ingin pergi ke awal mula segalanya dan mengakhiri segalanya.

Episode pertama berakhir di sana.

Ada yang kemudian menarik untuk dibahas. Pertama, Jonas entah bagaimana pergi melenceng dari perulangan. Martha dari realitas lain tersebut membuat Jonas terbebas dari alur waktu yang seharusnya terjadi. Kenapa demikian? Kuncinya adalah Jonas di tahun 1888 yang tidak mengenali Martha dari realitas lain. Apabila kejadian bahwa Jonas pergi ke realitas lain adalah bagian dari perulangan waktu, maka seharusnya Jonas dewasa memiliki memori tentang kejadian itu, pun mengenal Martha dari realitas lain itu. Fakta itu memberi kita petunjuk bahwa barangkali Sic Mundus kecolongan dan tidak mengantisipasi munculnya Martha dari realitas lain, pun artinya Jonas bisa saja tidak menjadi Adam. Entah itu baik atau buruk, toh muncul antagonis lain yang belum kita ketahui motivasinya saat ini.

BACA JUGA YUK :  Anak SMP Penjual Ganja Adalah Real Life Netflix Series Berjudul How to Sell Drugs Online

Hal menarik lainnya adalah Martha yang menyelamatkan Jonas adalah Martha di realitas lain yang lini masanya sama dengan Jonas. Apa maksudnya? Jadi di musim pertama kita berfokus dengan Jonas pada lini masa itu. Semua yang terjadi dengan Jonas secara tidak langsung berhubungan dengan Martha yang ada di realitas lain. Di musim dua, Jonas sampai di masa depan distopia dan berusaha melakukan sesuatu agar bisa membatalkan ledakan lubang cacing. Nah, di realitas lain, hal yang tak jauh berbeda juga dialami Martha. Dia mencoba membatalkan kekacauan, dan salah satu cara yang dilakukan adalah melakukan perjalanan lintas realitas. Dia datang menemui Jonas dan menyelamatkannya. Jadi posisi Martha yang menyelamatkan Jonas sama dengan posisi Jonas saat ini.

Hal menarik lainnya adalah, kenapa Jonas dewasa bisa berada di tahun 1888? Dia adalah versi Jonas dewasa yang mana? Apakah versi sebelum dia melakukan penjelajahan kembali untuk menemui Jonas muda? Atau versi setelah dia putus asa karena gagal menghentikan kekacauan dan menolak menjadi Adam sehingga pergi ke tahun 1888? Atau versi mana.

Lantas masih ada satu pertanyaan lagi. Di mana Noah? Iya dia sudah terbunuh di salah satu lini masa, tetapi sama seperti anggota Sic Mundus lainnya, dia memiliki kemampuan untuk berada di lini masa kapan pun. Jadi sungguh mengherankan apabila Noah yang merupakan tokoh penting di dua musim sebelumnya benar-benar tidak dimunculkan di episode pertama musim ketiga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *