Dark Musim 3 Episode 7 – Ruang di antara Waktu

Sumber gambar dari netflix

Episode ini adalah sekuel sekaligus prekuel sekaligus spin-off. Segalanya diperlihatkan. Benar bahwa Jonas dan Adam menjadi sahabat baik di masa depan yang hancur. Mereka berdua membantu Claudia mengaktifkan lubang cacing di pusat reruntuhan reaktor nuklir, pun menggali jalur di dalam goa Winden yang tertutup reruntuhan.

Di masa lalu, Bartosz bertemu perempuan dan menikahinya. Anak perempuan itu nanti diketahui adalah adik Jonas, anak dari Hannah dan Egon. Sementara itu Jonas dewasa mulai memiliki bekas-bekas luka bakar akibat percobaannya terhadap mesin waktu, sampai suatu ketika dia benar-benar bertransformasi menjadi Adam. Di sisi lain, Martha muda menjelajah untuk menyelamatkan Jonas dari ledakan lubang cacing.

Ada dua kejadian yang terjadi secara paralel di sini. Pertama, Martha menyelamatkan Jonas dan membawanya ke realitas lain dan berujung Jonas dibunuh Martha muda dengan bekas luka di wajah. Alur ini kelak akan menuntun Martha muda yang menyelamatkan Jonas berpihak ke kubu Adam dan berakhir dimusnahkan Adam.

Alur lainnya adalah saat Martha ingin masuk ke rumah Jonas, Bartosz muda yang diselamatkan Bartosz dewasa datang dan menahan Martha. Mengatakan bahwa seharusnya tidak seperti itu yang terjadi. Martha akhirnya pergi bersama Bartosz ke realitasnya dan menemui Eva. Eva mengingatkan seberapa benci Martha kepadanya, kelak dia akan menjadi Eva. Lantas Eva menyayat wajah samping Martha muda, sebagai penanda bahwa Martha yang itu akan selalu berpihak kepadanya. Martha dengan bekas luka itulah yang nanti akan membunuh Jonas.

Ada yang kemudian menjadi tamparan bagi kita semua di sini, yaitu tentang Claudia. Kita menganggap Claudia adalah poin penting di musim kedua, lantas menganggap Claudia hanya pesuruh kubu Adam dan Eva. Semuanya lantas berubah saat Claudia membunuh versi dirinya dari kubu Eva. Dia menganggap Eva dan Adam sama saja sehingga dia memilih kubunya sendiri. Dia menjadi penyusup di kedua belah pihak, berjalan melintasi waktu dan realitas berulang kali, menuntun Jonas sekaligus dirinya sendiri, menyerahkan halaman terakhir kepada Noah, mati dibunuh Noah, dan Noah mati terbunuh setelah menentang Adam.

BACA JUGA YUK :  Film 365 Days : Jika Dewi Sinta Jatuh Hati Dengan Rahwana!

Tetapi tunggu dulu, bahwa sepertinya Claudia tidak semata-mata mati di sini. Akan ada kejutan di akhir nanti.

Di sisi lain di masa depan yang tidak terlalu jauh, Noah dan Elisabeth memiliki putri bernama Charlotte. Mereka sangat bahagia, sampai suatu malam, Elisabeth dari masa depan yang lebih jauh datang dan menculik bayi Charlotte untuk dibawa ke masa lalu dan diserahkan kepada pria penulis buku perjalanan waktu. Noah menganggap semua itu ulah Jonas dan Claudia. Ini adalah momen di mana Noah menganggap Jonas mengkhianatinya. Noah lantas melakukan perjalanan lintas waktu untuk menemukan Charlotte dan sampai di Winden pada masa di mana Jonas dewasa benar-benar telah menjadi Adam.

Noah bertemu dengan dirinya semasa muda. Pun Noah pada akhirnya menemukan Adam. Di sana Adam menjelaskan semuanya dan memberikan Noah peran untuk mengatur jalannya perulangan waktu. Di akhir perjalanan Noah, Adam menjanjikan Noah akan menemukan Charlotte. Maka dimulailah perjalanan Noah seperti yang kita lihat di dua musim sebelumnya, sampai akhirnya dia mati terbunuh.

Semua itu paralel dengan kubu Eva yang mengatur agar jalannya waktu sama persis dengan yang mereka inginkan. Kedua kubu merasa lebih unggul satu sama lain. Mencoba saling menggagalkan upaya satu sama lain meski kalau kita jeli memperhatikan, keduanya sia-sia. Iya, sia-sia membunuh Martha muda. Sia-sia pula membunuh Jonas muda. Keduanya memang mempengaruhi satu sama lain di sebuah titik, tetapi sekaligus tidak mempengaruhi satu sama lain pula.

Ingat, selalu ada alternatif dari setiap kejadian, sehingga satu kejadian yang bertentangan dengan jalannya waktu di realitas lain akan memiliki versi lainnya yang sesuai dengan perulangan waktu. Maka dari itu sebenarnya Eva sekaligus Adam tidak pernah saling mengungguli satu sama lain. Keduanya tetap terjebak perulangan sekalipun mencoba berbagai cara. Mereka berdua hanya tidak sadar bahwa semuanya sia-sia, karena tidak ada lagi versi mereka yang lebih tua. Adam dan Eva sudah sampai di titik di mana mereka tidak mengetahui apa yang akan terjadi. Mereka mengetahui masa lalu, tetapi tidak untuk masa depan. Semuanya sia-sia.

BACA JUGA YUK :  Bagaimana Mimpi Bekerja Menurut Serial Netflix Explained

Hanya satu yang kemudian tampak menguasai segalanya. Claudia tua. Iya, Claudia yang kita saksikan mati dibunuh Noah. Dia muncul di detik-detik terakhir aksi Adam yang memusnahkan Martha beserta janin di perutnya. Adam yang kebingungan kenapa tidak ada yang terjadi meski dia telah memusnahkan awal mula. Pada saat itulah Claudia tua menghampirinya.

Dan semuanya barangkali akan benar-benar selesai dengan kekalahan kubu Adam dan Eva. Lantas entah apa pun yang Claudia kehendaki akan menjadi akhir dari cerita ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *