fbpx

Dark Musim 3 Episode 6 – Ketertarikan Kuantum

Sumber gambar dari netflix

Episode kali ini adalah puncak perulangan dalam semua episode di musim-musim sebelumnya.

Segalanya semakin jelas tentang bagaimana susunan kejadian kenapa bisa terjadi seperti yang kita saksikan di musim-musim sebelumnya. Segalanya menjelas. Benar bahwa Jonas memiliki dua alur yang terjadi dan keduanya dibutuhkan agar dia bisa menjadi sosok Adam.

Alur pertama adalah dia yang diselamatkan Martha dari realitas lain dan akan terbunuh di sana. Hal itulah akan memicu Martha yang kehilangan Jonas di sana akan berusaha mengubah segalanya.

Ada pula alur di mana Jonas menyelamatkan diri sendiri setelah menyaksikan Martha terbunuh. Jonas yang menyelamatkan diri inilah yang nanti akan menjadi Adam. Inilah yang disebut Martha dewasa dengan istilah Ketertarikan Kuantum. Martha yang ingin mengubah segalanya lantas mencoba menghentikan terjadinya ledakan di reaktor nuklir bersama Bartosz di realitasnya. Tetapi di tengah jalan mereka berdua dihadang Magnus dan Franziska tua dari realitas tempat Adam. Magnus mengatakan bahwa Martha dibohongi oleh Eva dan Martha tua. Magnus mengatakan bahwa Martha harus percaya pada Jonas. Jonas yang masih hidup di realitas lain. Martha lantas pergi bersama Magnus dan Franziska ke masa depan meninggalkan Bartosz. Tetapi setelah mereka pergi, Bartosz dijemput oleh Bartosz dewasa dari kubu Eva dan diselamatkan.

Di sisi lain, Adam memutuskan untuk mengakhiri perulangan yang terjadi, maka awal dari segalanya harus dimusnahkan. Awal itu adalah janin yang berada di perut Martha yang dia tahan entah dari lini masa yang mana. Melihat dari kondisi Martha, sepertinya itu adalah Martha setelah memberikan cairan bahan bakar ke Jonas dewasa di tahun 1888. Martha yang membunuh Jonas memiliki bekas luka di samping wajahnya, sementara Martha yang ditahan Adam belum memiliki luka tersebut.

BACA JUGA YUK :  It’s Okay to Not be Okay - Drama Comeback Kim Soo Hyun yang Wajib Tonton

Di waktu lain, Claudia yang masih bekerja untuk Adam dikirim ke beberapa saat setelah ledakan terjadi di Winden, tetapi dia ditemui oleh Claudia dari kubu Eva. Claudia dari kubu Eva meyakinkan Claudia dari kubu Adam bahwa dia harus memihak Eva karena Adam menginginkan kehancuran dua realitas agar simpulnya berakhir. Claudia dari kubu Eva juga mengatakan bahwa Claudia masih harus berpura-pura berada di kubu Adam. Menjadi mata-mata bagi Eva. Membimbing Jonas dari perulangan yang bertahan hidup, lantas mengkhianatinya.

Claudia melanjutkan perjalanan ke pusat ledakan dan menemukan bola bercahaya yang menjadi inti dari partikel tuhan. Saat itu pula Jonas yang bertahan dari ledakan dan tidak diselamatkan Martha menemui Claudia. Claudia menunjukkan mesin waktu versi koper yang rusak, dan akan dimulailah petualangan Jonas muda melintasi masa demi masa dibimbing oleh Claudia.

Di sisi lain, Eva dan timnya telah menyusun rencana. Menyusun perulangan-perulangan waktu yang terjadi di Winden. Timnya terdiri dari Claudia, Egon, Bartosz, Martha dari dua lini masa, dan anehnya ada Noah pula di sana. Mereka semua pergi ke kejadian saat ledakan terjadi di dua realitas, memastikan kejadian-kejadian harus kembali terulang. Ada yang kemudian menarik di sini, yaitu Egon tua yang pergi ke masa lalu, menemui Hannah yang hamil tua dan akan menyelamatkannya. Yang menjadi pertanyaan adalah versi manakah Hannah itu? Apa versi yang hamil dengan Egon muda atau versi yang hamil dengan Ulrich? Tentunya akan menjadi menarik tentang siapa yang akan terlahir dari kehamilan itu, mengingat tugas Eva untuk Egon adalah mempertahankan garis keturunan di Winden.

Sementara itu pria dengan bekas luka di bibir menjalankan tugasnya. Dia membagi tugas dengan dirinya yang lebih tua dan dirinya yang lebih muda. Dia sendiri pergi ke reaktor nuklir saat dua versi dirinya yang lain juga pergi ke reaktor nuklir di realitas lain. Mereka mengaktifkan reaktor tepat bersamaan dengan Charlotte dan tim polisi yang membuka tong berisi cairan partikel tuhan. Reaksi terjadi, dan terciptalah ledakan. Semuanya berjalan seperti yang seharusnya.

BACA JUGA YUK :  We Bare Bears Episode 6—Kehidupan Sehari-hari Para Beruang

Adam sendiri di suatu masa yang entah kapan, mengikat Martha tepat di bawah lubang cacing yang belum distabilkan. Martha beserta janin di perutnya harus dimusnahkan agar tak ada lagi perulangan yang terjadi dan dua realitas akan musnah. Dia mengaktifkan lubang cacing dan membuat Martha dikelilingi medan listrik sekaligus partikel tuhan di segala tempat. Apakah Martha musnah dan rencana Adam berakhir? Atau entah bagaimana Martha berhasil lolos dan mendapat luka di wajah, lantas pergi ke realitas lain dan membunuh Jonas muda?

Jonas dewasa sendiri masih membangun mesin waktunya. Barangkali ini adalah momen di mana dia akan mendapat luka bakar di wajahnya. Mungkin mesin waktunya meledak dan membuatnya terluka atau entah apa, tetapi mungkin ini adalah momen di mana dia akan berubah menjadi Adam.

Dengan semua kejadian di episode ini, maka semua silsilah keluarga di Winden telah diketahui seluruhnya. Pun kejadian-kejadian tentang ledakan juga jelas dari segala sisi, tentang kenapa ledakan bisa terjadi yang bukan sebatas karena Charlotte membuka tong berisi cairan partikel tuhan, tetapi juga karena pria dengan luka di bibir mengaktifkan reaktor tersebut.

Tetapi masih ada satu misteri yang belum terjawab, yaitu tentang Noah. Noah seharusnya ada di kubu Adam, atau setidaknya begitu yang kita saksikan di musim-musim sebelumnya. Pun Noah mengklaim akan berjuang bersama Jonas sampai akhirnya Jonas mengkhianatinya, tetapi sampai sekarang momen itu belum juga terjadi. Entahlah, yang jelas dua episode terakhir akan menjadi sesuatu yang benar-benar baru untuk Dark musim terakhir ini. Terlepas dari semua misteri yang sudah terungkap, maka perjalanan Jonas muda masih harus kita ikuti, entah apakah dia akan berhasil atau kembali gagal dan berakhir menjadi Adam.

BACA JUGA YUK :  We Bare Bears Episode 5—Saat Panda Jatuh Cinta
Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *