Dark Musim 3 Episode 5 – Segalanya Paradoks

Sumber gambar dari netflix

Kalau di episode sebelumnya tidak banyak hal menarik, maka di episode ini semuanya menarik. Bahkan untuk urusan penduduk lain di Winden yang sebelumnya terasa tempelan sekarang menjadi benar-benar penting untuk diikuti. Dan seperti judul tulisan ini, segalanya paradoks. Entah sebenarnya apa yang terjadi di serial ini. Saat episode-episode sebelumnya seolah menguatkan jalan cerita agar menjadi jelas bagi penontonnya, maka sejak episode ini, kita semua bakal geleng-geleng kepala karena semuanya berubah.

Mari bahas poin-poin penting yang terjadi di episode ini.

Masih ingat keluarga Dopler di serial ini? Helge Dopler adalah pria tua yang mengalami cacat di wajahnya akibat insiden masa kecil. Ulrich kembali ke masa lalu dan mencoba membunuh Helge kecil karena diyakini saat dewasa nanti, Helge akan membunuh banyak anak-anak sebagai percobaan mesin waktu milik Noah. Helge Dopler berhasil selamat tetapi memiliki bekas luka di wajah. Dia lantas berhubungan dengan Noah yang sudah dewasa dan membantu upaya Noah meski terbilang ekstrim. Singkatnya kelak Helge punya putra bernama Peter Dopler. Peter inilah yang nanti akan menikah dengan Charlotte, seorang perempuan yang diasuh oleh ahli reparasi jam sekaligus penulis buku tentang perjalanan waktu. Iya, pria yang didatangi para penjelajah dari berbagai masa dan merupakan orang yang membuat mesin waktu berbentuk koper.

Charlotte tidak diketahui memiliki ayah maupun ibu. Dia menikah dengan Peter dan memiliki dua putri yakni Franziska dan Elisabeth Dopler yang bisu. Kelak Franziska akan terjebak di tahun 1888 bersama Magnus, Jonas Dewasa, serta Bartosz dan bersama-sama membangun organisasi Sic Mundus. Sementara itu, Elisabeth bertahan melewati ledakan lubang hitam bersama ayahnya. Karena sebuah insiden, ayahnya meninggal. Elisabeth yang ketakutan pergi ke goa di dalam hutan Winden, dan di sana dia bertemu dengan Noah muda. Mereka nantinya akan jatuh cinta dan memiliki putri yang diberinama Charlotte. Charlotte yang masih kecil lantas dibawa ke masa lalu dan diberikan kepada si ahli reparasi jam.

BACA JUGA YUK :  Dark Season 3 Episode 2 – Penyimpangan Siklus

Kenapa begitu? Barangkali karena masa di mana Noah dan Elisabeth tengah berada di masa-masa gawat. Noah lantas berjuang bersama Jonas di masanya, sampai suatu saat Jonas berkhianat entah sebab apa. Noah lantas menjadi kaki tangan Adam untuk mencari lembar terakhir dari buku aturan perulangan waktu yang ditulis oleh anak dari Martha dan Jonas. Iya, Noah kelak akan membimbing Helge kecil yang notabennya adalah kakek dari Elisabeth. Sementara putri Noah sendiri adalah ibu Elisabeth. Sudah, tidak usah dipusingkan bagian ini. Ada yang akan lebih memusingkan.

Keluarga yang lainnya juga tidak kalah mengejutkan. Masih ingat Kathrina yang kembali ke masa lalu mencoba mencark Mikkel tetapi gagal dan justru bertemu Ulrich yang sudah tua di rumah sakit jiwa? Dia berjanji akan membebaskan Ulrich dan meminta Ulrich menunggu di depan pintu rumah sakit jiwa. Ibu Kathrina kebetulan adalah salah satu penjaga di rumah sakit jiwa itu. Kathrina dewasa mencegat ibunya di hutan Winden dan meminta kunci rumah sakit jiwa sambil mengancam. Pertikaian terjadi sampai di tepi danau. Ibu Kathrina menyudutkan Kathrina, menjatuhkannya, mendindihnya, lalu menghajar kepala Kathrina dengan batu, sementara Kathrina yang mencoba meloloskan diri secara tidak sengaja menarik liontin ibunya sampai putus. Kathrina terbunuh dan dibuang ke danau, sementara liontin ibunya tergeletak di tepi danau dan tertindih pasir. Liontin itulah yang kelak ditemukan Jonas dan diberikan kepada Martha.

Di sisi lain, Claudia di masa depan ditemui oleh dirinya sendiri dari realitas lain. Claudia dari realitas lain memberikan buku aturan perulangan waktu sekaligus meminta agar Claudia di realitas itu membimbing Jonas. Juga suatu saat nanti harus mengkhianati Jonas. Juga, Claudia dari realitas lain itu meminta agar jangan lagi percaya Jonas tua alias Adam. Ada dua kubu yang mencoba mendominasi perulangan waktu. Kubu Adam dan Eva. Adam percaya bahwa dua realitas harus dihancurkan agar simpulnya berakhir, sementara menurut Eva, cukup satu saja realitas yang hancur. Dengan begitu, Claudia memihak kepada Eva dan akan berperan seperti yang sudah kita saksikan di musim-musim sebelumnya. Sialan juga ya, di musim sebelumnya, Claudia tua tampak seperti tokoh paling penting dan ternyata dia sebatas pion belaka.

BACA JUGA YUK :  Too Hot To Handle—Saat Netflix Berusaha Membenahi Akhlak Kawula Muda

Kembali ke Martha muda dan Jonas muda. Mereka pergi ke pembangkit listrik nuklir untuk menghancurkan cairan yang menjadi penyebab semuanya dimulai. Semuanya berjalan mulus saat tiba-tiba Jonas teringat sesuatu. Selama ini dia dimanfaatkan. Selama ini dia diminta melakukan sesuatu karena percaya akan mengubah segalanya, tetapi yang terjadi justru dia sendiri penyebab segalanya terjadi. Tentunya masih ingat kejadian Jonas menemui ayahnya karena mencoba menghentikan ayahnya gantung diri. Ternyata ayahnya tidak ada niatan gantung diri sama sekali sampai Jonas datang dan menjelaskan segalanya. Itu hanya satu contoh, belum contoh-contoh lain..

Intinya Jonas khawatir kalau segalanya justru akan menjadi perulangan jika dia melakukan sesuatu terhadap cairan di pembangkit listrik nuklir. Maka dari itu dia justru kembali ke markas Eva bersama Martha muda. Di sini plot twist akan terjadi.

Eva memang menginginkan Jonas kembali bersama Martha muda. Eva menjelaskan bahwa tujuan Jonas datang ke realitasnya adalah untuk saat itu. Dari balik pintu lantas muncul Martha dewasa dan Martha yang membawa Jonas ke realitas itu. Jadi di ruangan itu ada satu Jonas dan 4 Martha. Satu sebagai Eva, satu sebagai versi dewasa, satu sebagai versi muda yang sudah menjelajah, dan satu sebagai versi termuda yang tidak tahu apa-apa.

Segalanya berakhir di sana. Juga berawal di sana. Awal dari perulangan di realitas itu, juga awal dari penyimpangan perulangan di realitas milik Jonas. Martha muda yang sudah menjelajah meminta maaf kepada Martha termuda, lantas menembak Jonas. Membunuhnya. Setelah itu semua Martha selain Martha termuda pergi menjauh, meninggalkan Martha yang mencoba menyelamatkan Jonas namun sia-sia.

Iya, sialan memang. Segalanya akan berubah di sini. Segalanya adalah awal dari penyimpangan dari perulangan realitas tempat Adam memimpin. Aneh bukan? Seharusnya akibat dari perulangan ini adalah musnahnya Adam dari keberadaan. Tetapi Adam nyatanya masih ada. Pun sebenarnya Adam juga tercipta karena penyimpangan ini. Kenapa begitu? Akibat dari Jonas terbunuh adalah Martha termuda termotivasi mengubah segalanya. Dia akan menjelajah dan menyelamatkan Jonas saat ledakan terjadi. Lalu dia akan menjelajah dan bertemu dengan Adam. Adam akan memberitahu letak Jonas dewasa di tahun 1888. Martha mendatangi Jonas dewasa yang ternyata tidak berasal dari alur penyimpangan dan memberinya bahan bakar mesin waktu. Setelah itu Jonas akan membentuk Sic Mundus dan menjadi Adam.

BACA JUGA YUK :  Dark Musim 3 Episode 3 - Kesalahan Matriks

Jadi, Adam adalah hasil dari dua perulangan yang bertemu. Perulangan pertama menghasilkan Jonas dewasa yang pergi ke tahun 1888, dan perulangan kedua menghasilkan Martha yang menjelajah realitas. Jika tidak ada pertemuan perulangan, Adam tidak akan pernah ada.

Maka dari itu, paradoks. Paradoks. Paradoks.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *