Dark Musim 3 Episode 4 – Perulangan Abadi

Sumber gambar dari netflix

Tidak banyak hal menarik dari episode empat musim ketiga ini. Sungguh sangat disayangkan di saat tensi meninggi karena misteri demi misteri mulai terungkap, di episode keempat kita justru dibawa ke permasalahan keluarga yang terjadi jauh di masa lalu. Singkatnya Egon muda jatuh cinta dengan Hannah yang ternyata memutuskan tinggal di tahun itu. Hannah kemudian hamil dan memutuskan pergi. Ada juga masa lalu Tronte dan Claudia yang sepertinya tidak terlalu menarik untuk diikuti.

Konsep utama serial ini saja sudah rumit tentang hubungan Jonas dan versi-versi lain dirinya lintas waktu dan Martha yang lintas waktu dan lintas realitas, dan kita harus tambah pusing dengan menghapal banyak karakter dari banyak waktu. Rasanya bagian selain Jonas dan Martha bisa kita skip tanpa kehilangan inti cerita.

Kita fokus saja ke bagian Martha dan Jonas. Kita tahu dari episode sebelumnya bahwa Martha bekerja untuk Adam dan Adam menjanjikan akan memberitahu Martha muda di mana awal segalanya agar dia bisa menghentikan kekacauan. Di bagian ini kita tahu bahwa para penyintas di tahun 1888 tetap bertahan di tahun itu dan membentuk Sic Mundus. Iya, Jonas dewasa akan berubah menjadi Adam, sementara Magnus, Fransizka, bahkan Bartosz adalah anggota dari Sic Mundus. Bahkan Magnus tua juga ditampilkan dan berbincang dengan Martha muda. Magnus mengatakan dulu dia bingung kenapa Martha muda meninggalkan mereka di tahun 1888, sampai pada akhirnya dia sadar bahwa dia sendiri yang memerintahkan Martha melakukan itu.

Di sisi lain, Jonas muda dan Martha yang jauh lebih muda lagi bertemu dengan Martha dewasa di masa depan yang hancur. Martha dewasa mengatakan bahwa Eva alias Martha tua berbohong kepada Jonas muda bahwa ada cara untuk melepas simpul maut terkait takdir mereka. Martha dewasa mengatakan tidak ada cara sama sekali untuk melepas simpul. Salah satu realitas harus hancur agar satunya bisa bertahan. Jonas muda, sekalipun berusaha bagaimanapun, tidak mungkin bisa menghidupkan lagi Martha dari realitasnya. Tetapi Martha dewasa tetap memberitahu agar ledakan lubang cacing bisa dihentikan. Kuncinya adalah limbah dari pembangkit listrik nuklir Winden. Menemukan dan menghancurkan limbah itu atau entah bagaimana caranya menyingkirkan limbah itu, bisa menghentikan kekacauan di Winden.

BACA JUGA YUK :  Dark Musim 3 Episode 8 - Akhir Cerita Terbaik yang Pernah Ada!

Lantas Martha dewasa mengirim Jonas muda dan Martha muda untuk kembali ke waktu mereka. Saat mereka kembali, Martha dewasa membentuk garis penghubung antara Martha dan Jonas, lantas membentuk garis lagi ke bawah seperti pohon keluarga, dan di akhir garis itu adalah simbol lingkaran tanpa ujung.

Seseorang muncul di ruangan Martha dewasa saat itu. Seseorang yang sepertinya adalah Noah dewasa. Dia mengatakan bahwa Martha dan Jonas adalah pencipta awal dan akhir. Semuanya benar-benar berawal dari mereka berdua, pun kemungkinan berakhir karena mereka berdua.

Di sisi lain Adam mengirim seseorang dengan pakaian pelindung radiasi menembus lubang cacing, entah ke lini masa yang mana dia mengirim seseorang itu. Sementara itu, pria dengan bekas luka di pipi duduk di markas besar penjelajah waktu ditemani dengan dirinya di masa lalu dan dirinya di masa depan. Menariknya, pria tersebut tengah menulis di sebuah buku yang sangat kita kenali. Iya, ternyata dia adalah penulis buku yang halaman terakhirnya sempat menjadi rebutan Claudia tua dan Adam. Lembaran terakhir yang kemudian didapatkan Noah sehingga Noah memberontak dan akhirnya terbunuh juga. Pria itu menyelesaikan menulis bukunya. Buku keramat yang dibawa Noah ke mana-mana di dua musim sebelumnya. Buku yang juga diagung-agungkan Adam karena menyimpan segala misteri waktu.

Ada satu fakta yang kemudian sangat menarik di sini, yaitu bahwa kemungkinan Jonas berubah menjadi Adam menjadi jauh lebih kecil. Konsepnya adalah jika Jonas tidak diselamatkan Martha dari realitas lain, maka tidak akan pernah Martha yang datang ke tahun 1888 dan memberi Jonas dewasa inti bahan bakar mesin waktunya. Berarti kemungkinan Jonas membuat mesin waktu juga semakin kecil, sama kecilnya dengan Jonas yang akan menjadi Adam. Di sisi lain, Adam kemungkinan bukanlah Jonas yang menjelajah lintas realitas karena dia ternyata juga tidak mengalami memori penjelajahan. Dia adalah Jonas yang tidak menjelajah, terdampar di masa lalu, kemudian didatangi Martha muda setelah diberitahu segalanya oleh Jonas yang menjelajah, lantas Jonas dewasa membentuk mesin waktu sekaligus membentuk Sic Mundus. Jadilah dia Adam.

BACA JUGA YUK :  Empat Serial Netflix yang Wajib Ditunggu Musim Berikutnya!

Lantas ada satu pertanyaan menarik lainnya. Kalau ternyata Jonas tidak diselamatkan Martha, di mana seharusnya ia berada? Apa yang dialami Jonas dewasa dulu saat ledakan lubang cacing terjadi? Bagaimana dia selamat dan menjelajah ke berbagai lini masa seperti yang terjadi di musim pertama? Apakah sebenarnya semua itu masih bagian dari perulangan yang memang terjadi dan bukan sebuah penyimpangan sama sekali? Tetapi kalau itu bukan penyimpangan, kenapa Jonas dewasa tidak memiliki memori penjelajahan realitas? Apa jangan-jangan dia berbohong?

Menariknya lagi, Adam menepati janjinya dengan memberitahu Martha muda di mana semuanya berawal dan berakhir. Sebuah penjelasan yang lumayan mengejutkan juga bahwa menurut Adam, awal dan akhir bersangkutan erat dengan hubungan Martha muda dan Jonas muda. Awal dan akhir, seperti yang digambarkan Martha dewasa dengan menghubungkan Martha, Jonas, dan simbol lingkaran tak berujung, adalah anak dari Martha dan Jonas itu sendiri. Putra, lebih tepatnya. Putra Martha dan Jonas akan menjadi penghubung antar realitas dan menjadi awal sekaligus akhir segalanya.

Memang sejauh ini tidak dijelaskan siapa putra Martha dan Jonas, lagipula Martha muda belum tampak hamil sejauh ini. Tetapi dari semua fakta-fakta yang ada, kita bisa menarik garis lurus untuk menebak siapa putra yang menjadi awal sekaligus akhir ini. Iya, putra mereka adalah pria dengan bekas luka di bibir. Pria yang selalu ditemani dirinya di masa lalu dan dirinya di masa depan. Pria yang bekerja untuk Eva. Pria yang menulis buku tentang awal dan akhir waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *