Dark Musim 3 Episode 3 – Kesalahan Matriks

Sumber gambar dari netflix

Episode tiga menjawab pertanyaan-pertanyaan yang kurang terjawab di episode sebelumnya, juga memberi pertanyaan lain di akhir episode. Bukan hanya memberi pertanyaan, tetapi kita akan dibuat semakin pusing memikirkan konsep sebab akibat dan perulangan-perulangan waktu, serta penyimpangan siklus yang sangat langka terjadi, dan juga tentang ungkapan Adam di musim sebelumnya yang mengatakan bahwa ini adalah siklus terakhir.

Jonas muda berada di sebuah ruangan yang serupa markas besar sebuah organisasi entah apa bersama Martha tua. Martha menjelaskan bahwa Jonas dan Martha layaknya Adam dan Eva (atau Hawa) yang terikat satu sama lain. Lantas Martha tua meminta Jonas untuk membimbing Martha muda agar menempuh segala sesuatu agar menjadi seperti Martha tua. Martha tua mengingatkan bahwa Martha muda awalnya akan tidak mempercayai Jonas, tetapi karena mereka sudah terikat sejak awal, Martha muda akan mempercayainya pada akhirnya.

Di sisi lain pada tahun 1888, Jonas dewasa bertengkar dengan Bartosz karena Bartosz mengetahui bahwa Adam adalah Jonas. Pertengkaran hebat itu akhirnya bisa dilerai dan keduanya mencoba untuk saling percaya lagi. Martha muda di sana lantas mengajak Jonas dewasa pergi ke dalam hutan. Di sana Martha muda menunjukkan mesin waktu yang dia miliki dan menyerahkan cairan limbah nuklir yang tersisa kepada Jonas dewasa. Martha mengatakan itu satu-satunya bahan bakar yang tersisa. Jonas membawa cairan itu ke mesin waktu buatannya. Bersama Magnus, Fransizka, Bartosz, dan Martha muda, Jonas dewasa menghidupkan mesin waktunya. Arus listrik nirkabel muncul dan menyambar cairan bahan bakar tersebut. Memberinya energi listrik sehingga secara perlahan-lahan lubang cacing tercipta meski belum sempurna. Saat mesinnya akhirnya mati, mereka semua baru menyadari bahwa Martha sudah menghilang. Di sisi lain kita diperlihatkan lagi tentang tiga orang berbeda lini masa membunuh lelaki tua buta yang konon adalah cikal bakal Sic Mundus.

BACA JUGA YUK :  We Bare Bears Episode 5—Saat Panda Jatuh Cinta

Setelah membunuhnya, mereka bertiga yang disebut para penjelajah waktu pergi ke markas besar mereka yang ternyata adalah ruangan Martha tua berada. Setelah Martha memberi perlengkapan keperluan Jonas muda untuk meyakinkan Martha muda, Martha tua menyambut tiga orang beda generasi tersebut. Ternyata Martha tua adalah dalang di balik perbuatan kejam ketiga orang tadi. Martha tua mengatakan bahwa Jonas muda belum bisa menerima fakta bahwa kematian Martha di realitasnya diperlukan agar yang lain bisa selamat, dan kematian semua orang di realitas Martha tua memang diperlukan agar Martha bisa hidup.

Sejauh ini kita akan berspekulasi apakah Martha tua sebenarnya adalah versi Adam di realitas itu? Apakah sebenarnya tujuan Martha tua adalah seperti tujuan Adam? Tetapi jika memang tujuan mereka sama, kenapa Martha tua justru melakukan tindakan-tindakan yang seolah menghalangi Sic Mundus? Atau sebenarnya memang semua itu adalah cara agar siklus ini menjadi siklus terakhir? Penyimpangan terakhir yang akan menyudahi segalanya?

Barangkali untuk menjawabnya kita harus bertanya kepada Adam. Ya, di episode ini kita ditunjukkan lagi sosok Adam yang berada di masa depan dan tengah berurusan dengan lubang cacing yang sepertinya dia ciptakan sendiri entah untuk apa. Adam kemudian kedatangan tamu seorang perempuan yang ternyata adalah Martha muda. Martha menjelajah dari tahun 1888 setelah memberikan bahan bakar kepada Jonas dewasa. Ini yang kemudian menarik, fakta bahwa selama ini Martha muda bekerja untuk Adam entah dengan tujuan apa. Adam mengatakan bahwa semua yang dilakukan Martha muda sudah benar seperti seharusnya.

Ada hal menarik dari kejadian tersebut. Adam seolah tidak terlalu terkejut dengan fakta bahwa ada realitas lain selain realitasnya. Itu berarti bahwa Adam memiliki semua ingatan tentang realitas lain tersebut, sementara Jonas dewasa tidak memilikinya. Ini seolah indikasi bahwa Adam adalah sosok Jonas yang mengalami penyimpangan siklus. Jonas muda yang hanya terjerat perulangan tiada akhir tanpa menjelajah ke realitas lain tidak pernah berakhir menjadi Adam. Itu artinya kemungkinan Jonas menjadi Adam sangat kecil apabila Martha tidak menjelajah dan menyelamatkan Jonas saat ledakan lubang cacing terjadi.

BACA JUGA YUK :  Karakter Serial Money Heist Menurut MBTI: Siapa Paling ‘Mencuri’?

Adam adalah wujud penyimpangan siklus. Dan kenapa dia mengatakan ini adalah siklus terakhir semata karena di siklus ini terjadi penyimpangan dan Jonas muda berpotensi menjadi dirinya suatu saat nanti, sementara Martha yang menjelajah juga berpotensi menjadi Eva(Martha tua yang menemui Jonas) di realitasnya. Keduanya saling berhubungan secara tidak langsung. Apa yang dilakukan Eva dengan organisasinya meski tampak bertentangan dengan Adam dan Sic Mundusnya, sebenarnya justru saling mendukung satu sama lain entah dengan cara apa. Pun kemudian apa yang disebut siklus terakhir menurut Adam barangkali bukanlah akhir yang benar-benar akhir. Sebatas siklus penyimpangan yang setelah sekian siklus berlalu tetapi Jonas tidak berakhir menjadi Adam, dan untuk kedua kalinya barangkali, Jonas akan berakhir menjadi Adam di siklus ini.

Di sisi lain Jonas muda berhasil meyakinkan Martha muda. Jonas mengajak Martha untuk menjelajah goa di dalam hutan Winden dan menelusurinya sehingga mereka sampai di masa depan. Jauh di masa depan di mana tidak ada lagi hutan di sekitar goa, hanya ada gurun pasir gersang. Jonas muda mengatakan bahwa Martha muda harus bertemu dengan seseorang. Seseorang itu muncul dari kejauhan. Seorang perempuan dewasa seusia Jonas dewasa. Dan iya, perempuan itu adalah Martha dewasa di masa depan realitas itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *