Alasan Ayam Menyeberang Saat Kendaraan Melintas

Photo by sippakorn yamkasikorn on Unsplash

Ayam yang sedang berkeliaran banyak kita jumpai di daerah pedesaan atau gang-gang sempit. Bila di kota-kota besar ayam dipilih sebagai binatang piaraan yang selalu dirawat dan tidak pernah lepas dari kandang, beda lagi dengan di pedesaan. Mereka memelihara beberapa ekor ayam dengan tujuan untuk dijual kembali saat sudah bertambah besar dan banyak.

Biasanya ayam di pedesaan dibiarkan berkelana ke sana ke mari untuk mencari makan sendiri. Mereka akan dikeluarkan dari kandang bila matahari terbit dan akan kembali dikurung setelah petang tiba. Pada saat mencari makan, ayam biasanya akan berpindah dari pekarangan satu ke pekarangan yang lain. Ini membuat ayam harus berjalan jauh hingga menemukan makanan atau bahkan pasangan mereka.

Pernahkah kalian melihat ayam menyeberang di jalan saat kendaraan sedang lewat? Atau justru kalian pernah hampir menabrak ayam yang menyeberang sembarangan? Tentu ini membuat kita sedikit geram dan ingin mengejar sang ayam untuk dihajar. Namun apakah kalian tau alasan apa yang membuat ayam menyeberang sembarangan? Beberapa alasan di bawah ini akan segera membantu kalian menemukan jawabannya.

1. Cari Makan

Mencari makan sudah menjadi kebutuhan wajib bagi ayam, ya. Ayam yang rela mencari makan sendiri tanpa berharap diberi oleh pemiliknya bisa disebut ayam indie. Setelah dikeluarkan dari kandangnya, ayam indie akan langsung mencari sarapan dengan mengais sisa-sisa makanan yang ada di dekat tempat sampah. Selain itu, mereka juga sering pergi mencuri hasil panen warga berupa gabah atau jagung yang sedang dijemur.

Ini bisa menjadi alasan ayam menyeberang jalan dengan sembarangan. Ketika mereka melihat ada makanan di seberang jalan, mereka akan langsung lari tanpa menoleh kanan kiri agar makanan tersebut tidak dihabiskan oleh ayam lain.

BACA JUGA YUK :  Mari Mereview Hidangan Lebaran. Mana yang Paling Cepet Habis?

2. Cari Perhatian

Ternyata bukan hanya pacar lho yang butuh diperhatikan, ayam pun juga butuh. Ayam juga memiliki perasaan seperti halnya kita. Tidak semua ayam bisa menjadi ayam indie. Beberapa ayam juga masih butuh perhatian dari pemiliknya. Entah itu diberi makan, dimandikan, bahkan disayang-sayang. Namun bukan berarti sang pemilik mampu menuruti keinginan ayam. Inilah mengapa ayam berusaha mencari perhatian dari pemiliknya. Mereka akan melakukan apapun demi mendapatkannya.

Salah satunya dengan menyeberang jalan secara sembarangan. Pada saat sang pemilik melihat ayamnya hampir tertabrak kendaraan yang lewat, dia akan langsung berlari dan melihat keadaan ayamnya. Bisa jadi sang pemilik juga memarahi pengendara yang hampir menewaskan ayamnya itu. Tentu dengan ini ayam akan merasa diperhatikan, sebab sang pemilik takut kehilangannya. 

3. Cari Pacar

Untuk melestarikan keturunannya, ayam harus berjuang mendapatkan cintanya. Perjuangan yang harus dihadapi ayam pun tidak mudah. Seperti halnya manusia, ayam jantan juga mempunyai saingan untuk memikat hati ayam betina, lho. Persaingan akan semakin ketat jika pihak lawan punya trik jitu untuk menuju ke babak selanjutnya. 

Kalah cepat juga menjadi masalah utama dalam memperebutkan hati ayam betina. Untuk itu, ayam jantan yang melihat ada ayam jantan lain sedang menggoda gebetannya itu pun langsung lari tanpa berpikir panjang. Secara tidak sadar ternyata ia nyaris kehilangan nyawanya karena berani menyeberang tanpa izin pengendara. Apapun akan dilakukan sang ayam jantan untuk mendapatkan pujaan hatinya walaupun harus dengan mengorbankan diri. 

4.Cari Mati

Depresi dan frustrasi sering dialami oleh ayam. Beberapa ayam yang kurang sehat sering disebabkan oleh kesenjangan sosial dan kecemburuan sosial. Stress yang berkepanjangan akan memperparah keadaan ayam. Apabila tidak segera ditangani akan berujung pada kematian. Ayam yang tidak kuat lahir dan batinnya berani melakukan hal sembrono, seperti sengaja menyeberang jalan saat kendaraan lewat agar tertabrak. Sehingga ayam itu tidak lagi merasakan beban hidup yang ditanggungnya selama ini.

BACA JUGA YUK :  Menebak Pekerjaan Orang Bertato

5. Iseng

Menyeberang sembarangan bagi ayam untuk mencari makan dan pasangan bisa dimaklumi. Sebab hal itu termasuk kebutuhan hidup ayam. Tapi bagaimana jika ayam menyeberang jalan hanya untuk iseng? Semakin parah ternyata alasannya. Beberapa dari kalian mungkin pernah mengalami hal ini. 

Di saat pengendara sedang fokus berkendara tiba-tiba, ada ayam ingin menyeberang, dan si pengendara berusaha mengerem agar tidak menaberaknya. Namun sang ayam juga ikut menghentikan langkahnya dan memilih mundur seolah-olah ingin mendahulukan pengendaranya. Dan tiba di saat si pengendara ingin melanjutkan jalannya, ayam yang gagal menyeberang kembali melangkahkan kakinya untuk menyeberang. Bagaimana kita tidak gemas dengan ulah ayam sialan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *