4 Hal yang Harus Kamu Lakukan Ketika Bertemu Anjing Jalanan

susahtidur.net – anjing galak

Tidak bisa kita pungkiri, anjing adalah binatang yang ditakuti oleh manusia. Saking takutnya sama anjing, banyak manusia pas lagi jalan kaki bakal putar balik lagi karena bertemu anjing di jalan. Biasanya jenis anjing yang sering di jalan itu ya… anjing jalanan.

Semua anjing jalanan mungkin kalian kira membahayakan. Ya membahayakan kalau kita sengaja menginjak ekornya. Padahal, tidak semua anjing jalanan itu membahayakan. Justru anjing jalanan yang mungkin sering menganggap manusia lah yang membahayakan bagi mereka. Buktinya, anjing jalanan sering dilemparin batu tuh sama kita. Jadi kalo ada anjing jalanan lihat kita dan menggonggong, barangkali dia lagi teriak ketakutan dan bisa diterjemahkan menjadi, “AWASS ADA MANUSIA GALAK!”

Selama saya hidup, saya belum pernah diserang maupun digigit oleh anjing. Sebab, saya selalu ingat nasihat kakek saya dalam menghadapi anjing jalanan. Nah, di sini, saya akan berbagi untuk kalian semua mengenai hal-hal yang mesti kalian lakukan ketika bertemu anjing di jalan. Simak baik-baik.

Jangan lari

Oke, saya tahu alasan kalian pengin lari ketika bertemu anjing, mungkin karena takut, kan? Padahal, kalau kalian lari justru kemungkinan bakal dikejar atau digigit oleh anjing tersebut lebih besar daripada diam.

Sebagai perbandingan saja, dulu waktu saya SMA saya sering pulang bareng sama temen saya yang takut sama anjing. Kebetulan, waktu itu kami pernah berpapasan sama anjing jalanan di sebuah perumahan.

Ceritanya, anjing sebelum belok bertemu kami, dia lagi asyik jalan, kami juga lagi asyik jalan kaki sembari ngobrol. Eh tiba-tiba pas sama-sama belok, anjing kaget melihat kami, kami juga kaget. Mana saat itu kami sedang berada di satu arah yang sama lagi. Anjing kemudian menggonggong, teman saya lari terbirit-birit sedangkan saya hanya diam. Dan ternyata yang dikejar oleh anjing jalanan itu adalah teman saya, sampe-sampe teman saya naik ke pohon jambu.

BACA JUGA YUK :  Tutorial Menjadi Orang Nyebelin di Lampu Merah

Jadi, lari ketika bertemu anjing tidak menutup kemungkinan kalau kalian bakal didiemin sama anjing, malah bakal dikejar. Terlebih, kalau sudah dikejar nanti urusannya repot, nanti barangkali kalian akan digigit oleh anjing tersebut. Asli sih, jangan lari, lebih baik diam saja sambil melakukan hal kedua.

Jangan tatap matanya

Kalian harus percaya bahwa anjing bisa menginterpretasikan sebagai tantangan dan mengira kalian ingin mengajaknya berkelahi ketika kalian menatap matanya. Jadi, usahakan jangan menatap mata anjing karena anjing menganggap hal tersebut sebagai tanda kalau kalian  mendominasi.

Saya bisa merasa baik-baik saja ketika bertemu anjing jalanan sampai sekarang, selain berdiam diri, ya karena saya tidak pernah menatap matanya. Saya kalau bertemu anjing kadang berpura-pura mainin handhphone saja. Atau memutar bola mata saya ke mana saja asal tidak menatap mata anjing tersebut.

Saya sering banget mendapati orang yang selalu menatap mata anjing, mana tatapannya lama lagi karena ketakutan. Justru, kontak mata dalam waktu yang lama bisa membuat anjing merasa marah.

Diabaikan saja

Nah, hal ketiga ini biasa saya lakukan ketika anjing menggonggongi saya padahal saya tidak lari dan saya tidak menatap mata anjing tersebut. Jadi, ya diabaikan saja.

Buat kalian juga lakukan hal yang sama seperti saya, kalau misalnya ada anjing yang menggonggongi kalian padahal kalian tidak salah apa-apa, ya jangan takut, abaikan saja.

Emang sih gonggongan anjing bisa menandakan banyak hal, salah satunya menandakan kalau anjing merasa terancam oleh kehadiran kita. Tapi, selama anjing tersebut beraninya dari kejuahan doang dan dijaga sama pemiliknya, ya buat apa takut.

Pura-pura ngambil batu

Pertanyaannya, gimana kalau anjing jalanan menggonggongi kita dalam jarak yang cukup dekat? Tapi, selama anjing tersebut menggonggong, ia nggak berani menyerang kita. Solusinya adalah pura-pura mau ngambil batu. Iya, ini serius, ampuh banget.

BACA JUGA YUK :  Punya Satu Adik Lebih Menyebalkan daripada Punya Tujuh Kakak

Saya tidak tahu apakah teknik pura-pura ngambil batu dilakuin oleh orang Sunda saja. Soalnya, orang Sunda sudah lumrah melakukannya. Hasilnya, anjing tersebut mundur lalu ketakutan dan kabur. Jadi, anggapan anjing jalanan semuanya membahayakan itu keliru. Soalnya, anjing juga memiliki perasaan takut kepada manusia. Saya yakin kalau kalian mengaplikasikan empat hal yang saya tulis di atas, kalian selama hidup tidak bakalan diserang atau digigit sama anjing. Kecuali, kalau lagi sial.

Muhammad Ridwansyah

Muhammad Ridwansyah

Founder @penulisgarut. Penulis bisa disapa melalui akun Twitter/Instagram @aaridwa16.

View all posts by Muhammad Ridwansyah →

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *